Sunday 7 December 2014

5 Langkah untuk Secangkir Teh Sempurna

Serumit apa membuat secangkir teh yang sempurna? Apakah cukup dengan ritual rebus, celup, dan minum? Membuat secangkir teh dengan detail yang tepat menghasilkan perbedaan yang besar. Teh dapat menjadi perpaduan minuman hangat yang menenangkan dan makanan sehat yang membangkitkan tenaga.

Banyak penelitian yang menggembar-gemborkan manfaat kesehatan teh. Seperti teh hijau yang dapat melawan kanker payudara, atau teh hitam yang dapat mencegah diabetes tipe-2. Teh memiliki daya penyembuhan super.

Pada kenyataannya, kita cenderung melakukan kejahatan pada teh yang menumpulkan khasiat teh tersebut. Apa yang perlu ditambahkan (atau dilewatkan) untuk secangkir teh yang sempurna?     

1. Perhatikan air

Secangkir teh yang sempurna layak menerima lebih dari sekedar air keran. Menyaring air keran dapat mengurangi ekspos terhadap karsinogen dan bahan kimia yang menggangu hormon. Presiden Panel Kanker Amerika Serikat mengatakan, air keran rumah yang disaring lebih aman daripada air kemasan, yang bahkan bisa sama atau lebih buruk dari air yang sumber kota. Informasi tersebut berdasarkan penyelidikan oleh Environmental Working Group, Amerika.

2. Pilih ramuan tepat

Anda sedang sakit? Jangan khwatir karena ada teh untuk itu. Hanya perlu tahu ramuan teh apa yang terbaik untuk penyakit tertentu.

Untuk batuk: seduhlah teh daun thyme. Thyme membantu mengendurkan kejang brongkial penyebab batuk. Gunakan dua sendok teh thyme kering per cangkir air mendidih, seduh selama 10 menit, dan minum tiga kali sehari.

Untuk kulit bersinar: pilih teh hijau atau putih. Kedua ramuan tersebut memiliki antioksidan dua kali lipat dari teh hitam, dan mengandung EGCG, yakni sejenis antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Untuk semua kesehatan: ambil teh hijau. Dari memerangi kanker payudara sampai menurunkan berat badan, khasiat teh hijau sangat kuat.

Untuk sakit perut: seduh ramuan bunga kamomil dan daun mint. Teh herbal kamomil mengandung minyak yang membuat rileks dan lancar otot di perut. Seduh satu sendok bunga tersebut per cangkir air mendidih.

Minum tiga cangkir sehari untuk meringankan gangguan pencernaan, masalah usus iritasi, dan radang usus besar kolitis.

Untuk stres: ramuan teh hitam. Penelitian dari University College London menemukan, orang dewasa yang  minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu tingkat kartisolnya lebih rendah setelah mengalami situasi stres, ketimbang rekan mereka yang tidak minum teh hitam.

3. Seduh sendiri

Untuk mengecek khasiat teh, Prevention mengirim sampel es teh ke laboratorium, teh yang diseduh sendiri, dan teh botol yang dijual di toko. Hasilnya, teh-teh rumahan yang diseduh sendiri memiliki antioksidan lebih banyak dari teh botol.

4. Lewatkan susu

Teh memiliki kadar antioksidan tinggi. Namun guyuran susu meniadakan keuntungan tersebut, menurut hasil studi.

Penelitian pada 2012 yang diterbitkan oleh  European Journal of Clinical Nutrition menemukan, protein makanan seperti yang terdapat pada susu menghambat antioksidan yang terkandung dalam teh.

Penelitian oleh European Heart Journal pada 2007 menemukan, antioksidan yang melindungi jantung dalam teh akan dihambat oleh susu. Susu menghambat khasiat maksimal teh.

5. Tambahkan bahan tak terduga

Sesendok gula mungkin adalah insting pertama Anda membuat secangkir teh. Ketahuilah bahwa cara tersebut membuat minuman menjadi adiktif dan merusak kesehatan. Tambahkan rempah-rempah adalah cara terbaik, ketimbang gula, dan tanpa efek negatif.

Aduk secangkir teh hangat dengan kayu manis dapat mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol. Bisa juga dengan menambah perasan lemon yang sarat vitamin C.

Secangkir teh memiliki daya penyembuhan super dan sederet manfaat lain.

No comments:

Post a Comment