Thursday 26 March 2015

Cara Terbaik Konsumsi Teh ala "Tea Master"

Channel Teh - Cara mudah mengkonsumsi teh adalah dengan cara menyeduh langsung daun teh yang telah dikeringkan menggunakan air mendidih. Namun, bagi seorang tea master,perlu tata cara khusus dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

"Untuk menikmati teh dengan rasa maksimal dimulai sejak awal. Mulai dari pemilihan daun teh berkualitas terbaik," kata Tea Master Merrill J Fernando, Jakarta, Rabu (25/3).

Setelah mendapatkan teh dengan kualitas terbaik, hal selanjutnya yang dilakukan adalah memilih air. Fernando menekankan, air yang digunakan untuk menyeduh teh harus berkualitas dan tidak mengandung unsur kimia.

Menurut Fernando, air yang sudah terkontaminasi akan menyebabkan perbedaan rasa yang signifikan pada teh. Karena itu, Fernando menyarankan menggunakan spring water atau air yang sudah melalui proses penyaringan.

"Lalu, ambil ketel yang bersih. Ketel itu harus kosong dan kering. Tidak boleh ada sisa air di ketel yang dipanaskan kembali. Sisa air dalam ketel, lagi-lagi dapat memengaruhi kualitas rasa dari teh," kata Fernando.

Jika ketel bersih sudah didapat, tahapan selanjutnya adalah dengan merebus air hingga mencapai suhu 100 derajat celcius.

Setelah matang, air dituang ke dalam gelas yang sudah diisi dengan kantong teh. Diamkan seduhan teh selama minimal tiga menit dan maksimal lima menit untuk mengeluarkan zat antioksidan.

"Manfaat dari teh, seduh minimal selama tiga menit. Kurang dari itu, Anda hanya akan mendapatkan air berwarna tanpa kandungan manfaat apapun," imbuh Merrill.

Merrill mengatakan, jika ingin menambah rasa manis, ia menyarankan agar tidak diberi gula. Sebaiknya untuk menimbulkan rasa manis, maka bisa menggunakan madu. "Jangan tambahkan gula atau susu karena akan menghilangkan manfaat dari teh," saran Merrill.

No comments:

Post a Comment