Monday 16 March 2015

Rasa Pahit Teh Terbukti Efektif Atasi Osteoporosis

Channel Teh - Seiring dengan pertambahan usia, banyak orang mengalami rapuh tulang. Selama ini susu dianggap sebagai sumber nutrisi terbaik untuk tulang kuat. Namun, peneliti Jepang justru menemukan zat pada teh hitam berkhasiat untuk tulang.

Warna hitam dan rasa pahit sepat pada teh hitam ternyata justru berkhasiat untuk mencegah tulang patah. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari Osaka University yang hasilnya dipublikasikan di Nature Medicine, jurnal pengetahuan online.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil yang mengacu pada pengobatan untuk mencegah osteoporosis. Tulang punya sel osteoblast yang membentuk lapisan keras dari kalsium dan menghancurkan sel-sel tulang yang tua. Kekuatan tulang ditentukan oleh keseimbangan sel ini.

Saat orang menjadi tua, keseimbangan sel ini terganggu dan memicu munculnya osteoporosis. Riset ini melibatkan Prof. Masaru Ishii dari Osaka University dan asistennya Prof Keizo Nisikawa.

Seperti dikutip dari Yomiuri Shinbun (13/03) mereka memberikan polyphenol, zat yang ada pada teh hitam yang memberi rasa pahit pada tikus-tikus yang menderita osteoporosis karena kelebihan sel osteoclast.

Saat tikus-tikus disuntik polyphenol tiga hari sekali, ternyata tikus-tikus memiliki lebih sedikit sel osteoclast, tulang mereka jadi kuat dengan tingkatan normal.

Namun, studi juga menunjukkan orang dengan berat badan 60 kg akan memerlukan 60 cangkir the hitam sekaligus untuk mendapatkan hasil yang sama dengan percobaan. Minum teh dalam takaran normal tidak akan bisa membuat tulang kuat.

“Jika obat suplemen berisi polyphenol dikembangkan akan sangat bermanfaat untuk usaha pencegahan osteoporosis,’ tutur Nishikawa.

No comments:

Post a Comment