Saturday 21 March 2015

Mengenal Teh Ungu dan Teh Biru

Channel Teh - Anda pasti sudah akrab dengan sajian teh hitam atau teh hijau. Selain kedua teh tersebut ada dua teh lainnya yang memiliki warna dan tentunya rasa yang khas, yaitu teh hijau dan teh ungu.

Warna teh ini bukan hanya membedakan rasa tapi juga varietas, level oksidasi, metode pengeringan dan masih banyak lagi. Lalu mengapa warna teh bisa menjadi biru atau ungu?

Teh ungu
Teh ungu mengacu pada teh yang dibuat dari tanaman teh baru yang disebut "TRFK 30". Tanaman teh ini dikembangkan oleh Kenya's Tea Research Institute selama 25 tahun. Warna ungu yang muncul karena kandungan anthocyanin, yaitu zat jenis pigmen yang tinggi pada TRFK 30.

Zat tersebut juga ditemui pada buah cranberry, blueberry, dan anggur. TRFK 30 dapat dibuat dengan cara yang sama seperti teh biasa. Tinggal menyeduhnya saja dengan air mendidih, warna teh akan muncul keunguan.

Teh biru
Selain teh ungu, ada juga teh biru yang merupakan pengembangan dari teh biasa yang dilakukan oleh BluChai, sebuah produsen teh asal Thailand. Minuman BlueChai atau teh biru ini merupakan campuran dari teh, herbal, dan bunga butterfly pea.

Bunga tersebut di Thailand banyak digunakan untuk dijadikan pewarna dalam sajian kue beras. Rasa teh ini menurut pihak dari BlueChai beraroma bebungaan, manis dan bebas kafein. Penasaran mencoba?

No comments:

Post a Comment