Saturday 18 October 2014

Antara “Teh dan Kopi” Mana Yang Lebih Baik

Kopi dan teh adalah 2 jenis minuman yang paling banyak diminati berbagai kalangan. Dan kedua minuman ini juga dapat diminum kapan dan dimana saja. Keunggulan antara teh vs kopi dari segi manfaat sangat banyak, kedua minuman ini sama-sama bisa membuat bertenaga, namun pada dasarnya keduanya memiliki keunggulannya masing masing. Berikut kita cari tahu keunggulan antara teh dan kopi. Apakah kita tahu teh mengandung anti oksidan, yang lebih baik daripada sayuran dan buah buahan? Itu karena teh lebih mudah diserap oleh pembuluh darah.  Meminum teh tidak akan membuat kita dehidrasi, akan tetapi kalau kebanyakan akan menimbulkan efek diuretik, dah alhasil kita akan sering ke toilet. Kandungan lain pada teh adalah polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, membantu kerja ginjal, memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat.

Senyawa ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap zat karsiogenik yang dapat membantu terjadinya berbagai macam kanker. Dalam teh juga mengandung kafein yang kadarnya lebih kecil daripada kopi, manfaatnya bagi tubuh adalah untuk memperlancar sirkulasi darah ke otak, menaikkan daya ingat, dan dapat membuat mood kita menjadi lebih baik. Teh, terutama teh hijau dapat dijadikan sebagai antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak, jerawat, juga perlindungan terhadap sinar matahari. Bagi yang ingin diet, minum teh juga bisa membakar kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan. Pada teh hijau mengandung vitamin E dan vitamin C bisa membuat rambut anda berkilau, serta dapat mengatasi rambut rontok, juga menguatkan kuku. Pada teh hitam terkandung antigen yang disebut alkylamines  bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu ada tannin, berfungsi untuk mencegah penyakit ringan yang disebabkan virus. Manfaat lain pada teh hitam adalah kandungan fitokimia yang mampu memperkuat tulang dan gigi serta mengurangi risiko penyakit arthritis.

Kafein pada kopi dapat bermanfaat positif dan negatif pada tubuh Anda tergantung bagaimana Anda mengonsumsinya. Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi sakit kepala, mencegah depresi, membuat kita tidak mudah lelah dan mengantuk dan membuat semangat baru, itu karena zat kafein saling bersaing dengan fungsi adenosine dalam tubuh, adenosine sendiri senyawa yang terdapat pada otak yang berfungsi membuat orang cepat tidur. Kopi juga dapat merangsang metabolisme tubuh, orang yang teratur minum kopi kecil kemungkinan mereka terkena obesitas, juga terhindar dari kerusakan penglihatan akibat glukoma, penuaan, dan diabetes.

Jika kita sering merasakan denging di telinga, maka kafein yang terkandung di dalam kopi juga bermanfaat sebagai stimulan yang berfungsi menenangkan sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam. Kafein pada juga mampu memerangi kanker, sama seperti pada teh. Kandungan theobromine dan theophylline mampu berperan sebagai stimulan pada sistem saraf pusat serta asam klorogenik yang dapat membantu penyerapan karbohidrat. Manfaat lain pada kopi adalah dapat menyamarkan penampilan selulit. Kita tinggal menggosokkan kopi bubuk pada kulit untuk scrub tubuh secara teratur. Kopi ampuh untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata. Gunakan kopi bubuk yang sudah dicampurkan dengan sedikit air untuk mengompres bagian bawah mata yang menghitam.

Selain itu kopi juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengurangi kerutan di kulit, Mencegah Timbulnya Jerawat, menghaluskan Kulit, melembabkan Kulit, membantu Menghilangkan Sel Kulit Mati, menghilangkan Bau Badan, Mengatasi iritasi kulit, menutrisi pada kulit dan menjadikannya lebih sehat. Antioksidan pada kopi berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, antara lain penuaan dini, anti kanker, dan untuk mencegah timbulnya jerawat. kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit demensia, Alzheimer, dan Parkinson yang merupakan gangguan pada otak manusia. Selain itu antioksidan juga mampu menekan dan mencegah peradangan pada arteri dan meningkatkan detak jantung.

Keunggulan antara teh vs kopi dari segi manfaat ternyata memang banyak, jadi tinggal kita yang memilih mana yang cocok untuk kita.

No comments:

Post a Comment