Thursday 23 October 2014

Teh Ini dapat Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi terhadap kanker dan diabetes tipe-2. Sementara teh, menikmati reputasi selama bertahun-tahun sebagai pelindung jantung, dan penelitian baru yang dirilis Oktober 2014 dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa teh mungkin dapat menurunkan tekanan darah.

Para peneliti menganalisis 25 percobaan terkontrol secara acak. Mereka menemukan bahwa dalam jangka pendek, teh tampaknya tidak membuat perbedaan bagi tekanan darah. Tapi asupan teh jangka panjang memang memiliki dampak signifikan. Setelah 12 pekan minum teh, tekanan darah lebih rendah 2,6 mmHg sistolik dan diastolik 2,2 mmHg. Teh hijau memiliki hasil yang paling signifikan, sementara teh hitam di posisi berikutnya.

"Menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,6 mmHg diharapkan dapat mengurangi risiko stroke sebesar 8 persen, angka kematian akibat penyakit jantung koroner dengan mortalitas 5 persen dan semua penyebab mortalitas 4 persen pada tingkat populasi," kata peneliti.

Teh diduga menawarkan perlindungan endotel dengan membantu pembuluh darah rileks, memungkinkan darah mengalir lebih bebas. Teh adalah sumber antioksidan yang tinggi yang telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Para peneliti tidak dapat menentukan jumlah optimal minum teh untuk mendapatkan manfaat, namun penelitian lain menunjukkan efek protektif pada 3 hingga 4 cangkir sehari. Para peneliti mengatakan mereka tidak melihat perbedaan dalam teh berkafein versus teh tanpa kafein.

"Ini adalah efek yang mendalam dan harus dipertimbangkan secara serius dalam hal potensi modifikasi diet untuk memodulasi risiko CVD (penyakit jantung)," ujar peneliti.

No comments:

Post a Comment