Friday 24 October 2014

Cuaca Ekstrim di Tiongkok Pengaruhi Rasa dan Khasiat Teh

Kondisi cuaca berpengaruh besar pada kualitas daun teh. Karenanya rasa teh yang diseduh berubah dipengaruhi cuaca. Demikian juga khasiatnya bagi kesehatan.

Perubahan rasa teh dirasakan oleh penggemar the di Tiongkok. Para peneliti baru-baru ini mengungkapkan karena peralihan musim hujan yang bisa menimbulkan reaksi kimia dalam the. Hal ini mengubah rasa tehh bahkan manfaatnya bagi kesehatan pun berubah.

Penelitian yang dipublikasikan di journal PLOS One mengungkap seberapa besar senyawa antioksidan ditemukan dalam daun yang sudah dipetik setelah tumbuh di daerah yang mengalami musim hujan yang ekstrim. Senyawa lainnya ditemukan untuk meningkatkan pasokan teh. 

Hal ini berakibat pada angka penjualan teh yang mengalami penurunan hampir setengahnya. Keadaan ini mengindikasikan jika konsumen tidak puas dengan rasa teh. 

Data dan sampel diolah dari berbagai jenis tumbuhan teh yang berasal dari bagian baratdaya Tiongkok. Kemudian diteliti oleh mahasiswa dari Montana State University, yang dipelopori Selena Ahmed dan rekan-rekannya.

Sample dikumpulkan dari daun yang tumbuh selama dua kali cuaca ekstrim yang terjadi. Musim kemarau dan musim hujan lalu dijadikan subjek analisis kimia.

Ahmed memperkirakan jika petani teh akan menghadapi kenaikan pendapatan yang berubah-ubah sesuai dengan perubahan intensitas musim kemarau dan musim hujan yang bergantung pada perubahan iklim.

‘Penelitian ini tidak hanya berlaku untuk teh, tapi juga untuk pangan dan tumbuhan obat lainnya yang mengalami perubahan baik dalam segi rasa, nutrisi. Bahkan khasiatnya juga berubah karena perubahan cuaca,” ungkap Ahmed. 

Nature World News melansir perubahan arah angin dan pergerakan atmosfer mempengaruhi munculnya hujan secara tiba-tiba. Baru-baru ini Tiongkok mengalami beberapa kali cuaca kering dan lembab. Hal ini memperburuk distribusi cadangan air yang menjadi tidak sama rata. Rupanya hal ini turut mengubah rasa teh yang dihasilkan.

No comments:

Post a Comment