Thursday 23 October 2014

Tak Cuma Teh Hijau, Teh Lemon Juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho

Memiliki cita rasa yang segar, teh lemon kerap menjadi pilihan favorit segala usia. Nah, tahukah Anda kalau teh lemon juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan secara alami?

Teh lemon termasuk dalam daftar minuman rendah kalori yang dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan berlebih. Selain itu, teh lemon mengandung phytochemical yang membantu tubuh memerangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan osteoporosis. Teh lemon juga memberi efek menenangkan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, asam sitrat juga bersifat mengurangi penyerapan gula dari makanan, sehingga mengurangi jumlah gula yang diubah menjadi lemak. Yang pasti, hindari penambahan gula secara berlebihan. Karena jika terlalu banyak gula, bisa dipastikan jumlah kalorinya akan meningkat.

Fakta lainnya menyebutkan bahwa lemon sendiri membantu meningkatkan penyerapan cachetins, yang merupakan antioksidan dalam teh hijau. Nah, kombinasi lemon dan teh hijau bisa memberikan manfaat lebih. Teh ini dapat membuat tubuh menyerap cachetins tiga kali lebih cepat ke dalam aliran darah. Cachetins sendiri berfungsi untuk menghilangkan lemak perut.

Ya, penelitian mengatakan zat Epigallocatechin gallate (EGCG) yang ditemukan dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar sekitar 70 kalori lebih banyak. Seduh daun teh hijau dalam air panas selama 2-3 menit untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Menurut Dr Karl S. Kruszelnicki dari The University of Sydney, daun teh hijau tidak melalui proses oksidasi, sehingga daunnya mengandung senyawa fenolik non-oksidasi dan warnanya lebih 'terang'. Daun kering teh hijau berisi sekitar 19% protein dan asam amino, 33% serat dan karbohidrat, 7% lemak, 2% pigmen dan 5% mineral.

"Jika Anda pernah mendengar kafein dalam secangkir rata-rata memiliki 100 mg, maka kafein dalam secangkir teh hijau rata-rata adalah 20 mg," ungkap Kruszelnicki, seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (23/10/2014).

No comments:

Post a Comment