Wednesday 8 October 2014

Teh hijau matcha 100 kali lebih sehat dari teh hijau biasa!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teh hijau mengandung banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena teh hijau mengandung banyak antioksidan dan zat asam amino di dalamnya. Meski begitu, ternyata ada yang lebih menyehatkan dari teh hijau biasa, yaitu teh hijau matcha.

Matcha sendiri sebenarnya adalah kata dari bahasa Jepang yang berarti teh hijau. Namun di luar Jepang, teh hijau matcha adalah kategori tersendiri. Perbedaan teh hijau biasa dengan teh hijau matcha terletak pada pada saat memanennya. Teh hijau matcha dipanen saat masih kuncup dan dikembangkan menjadi bentuk bubuk, bukan daun seperti teh hijau biasa.

Ini membuat teh hijau matcha mengandung nutrisi lebih banyak dan mengandung antioksidan 137 kali lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau yang dipanen dengan cara biasa. Tiga minggu sebelum dipanen, tanaman teh hijau akan dibuat berkembang secara perlahan sehingga meningkatkan pertumbuhan asam amino yang ada di dalamnya. Ini membuat teh hijau matcha terlihat lebih hijau dari teh hijau biasa. selanjutnya kuncup teh hijau akan dikeringkan sebelum dijadikan bubuk.

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam matcha adalah catechins. Catechins diketahui bisa meningkatkan metabolisme, membakar lemak dengan cepat, dan mengurangi tingkat kolesterol buruk. Selain itu, catechin juga menurunkan risiko penyakit jantung, seperti dilansir oleh Daily Health Post (06/10).

Catechin pada teh hijau diketahui bisa membunuh sel kanker bahkan dalam dosis rendah. Teh hijau matcha juga bisa mencegah kerusakan pada lever dan ginjal pada pasien diabetes. Zat yang ada dalam teh hijau matcha juga ampuh untuk menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh.

sebagai tambahan, matcha juga mengandung asam amino L-theanine. Protein ini membantu mencegah stres dan membuat pikiran menjadi tenang. Tak hanya itu, asam amino ini juga mencegah penyakit degeneratif dan menekan aktivitas tumor. Jika Anda terbiasa menikmati teh hijau, tak ada salahnya mencoba teh hijau matcha yang mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih menyehatkan ini!

No comments:

Post a Comment