Wednesday 22 October 2014

Wah, Teh Hijau Juga Bisa Turunkan Tekanan Darah

Jika Anda penggemar teh, maka pilihan Anda tepat. Teh tidak hanya memberikan ketenangan dan melindungi jantung, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah.

Melansir time, Penelitian terbaru yang diterbitkan di British Journal of Nutrition edisi Oktober telah menunjukkan salah satu manfaat teh, untuk menurunkan tekanan darah.

Para peneliti dalam studi ini menganalisa tekanan darah dan asupan teh. Mereka menemukan bahwa dalam jangka pendek, teh tampaknya tidak membuat perbedaan bagi tekanan darah. Tapi asupan teh jangka panjang memang memiliki dampak yang signifikan. Setelah 12 minggu minum teh, tekanan darah lebih rendah sebesar 2,6 mmHg sistolik dan 2,2 mmHg diastolik. Teh hijau memiliki hasil yang paling signifikan, sementara teh hitam menyusul di urutan berikutnya,

Perubahan kecil dalam tekanan darah dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan. Menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,6 mmHg akan diharapkan mengurangi risiko stroke sebesar 8%, angka kematian penyakit jantung koroner 5%.

Teh menawarkan perlindungan endotel dengan membantu pembuluh darah lebih rileks, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih bebas. Ini adalah sumber antioksidan yang tinggi untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

"Ini adalah efek yang mendalam dan harus dipertimbangkan secara serius dalam hal potensi modifikasi diet untuk memodulasi risiko CVD [penyakit jantung]," ujar penulis

No comments:

Post a Comment