Friday 7 November 2014

Matcha, Bubuk Teh Hijau yang Diseduh Dalam Upacara Minum Teh

Matcha kini semakin populer dicampurkan dalam berbagai minuman dan kue-kue. Rasa pahit dengan aroma wangi teh yang khas menjadi ciri utama bubuk asal Jepang ini.

Matcha atau maccha merujuk pada penyebutan bubuk teh hijau. Bubuk dibuat dari daun Tencha (daun teh untuk matcha) terbaik. Matcha menjadi satu-satunya bentuk teh dimana seluruh daunnya dapat dikonsumsi. Karena matcha memiliki kualitas tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak seperti kebanyakan teh hijau lainnya, untuk pembuatan matcha petani akan menutupi tanaman dengan jerami atau plastik selama tiga minggu sebelum panen. Supaya daun teh tak langsung terkena cahaya matahari. Ini menyebabkan tunas baru dapat berkembang lebih besar dan daun lebih tipis. Rasa dan teksturnya juga menjadi lebih baik dengan kandungan klorofil tinggi.

Panen dilakukan dengan tangan. Hanya daun termuda dan terkecil dipilih untuk matcha kualitas terbaik. Setelah dipetik, daun teh diuap sebentar dan dikeringkan. Daun teh kering digiling hingga halus memakai alat penggiling dari batu. Baru dikemas dalam kaleng kedap udara agar nutrisinya terjaga.

Sejak abad ke-12, bubuk tersebut digunakan oleh masyakarat Jepang dalam upacara minum teh yang berhubungan dengan ritual Zen. Matcha bercitarasa pahit ini dicampur dengan air panas dalam sebuah mangkuk saat upacara dilakukan.

Pendeta Buddha juga meminum matcha untuk membantu meditasi. Asam amino dan kafein dalam matcha dipercaya dapat memberi stimulan sekaligus ketenangan supaya fokus saat meditasi.

Kini matcha banyak digunakan untuk memberi rasa dan warna hijau pada makanan. Mulai dari mochi, soba, es krim, kue, cokelat hingga latte. Banyak juga produk kemasan populer yang menambah rasa matcha.

Sebenarnya ada beberapa kualitas matcha yang digunakan. Untuk upacara minum teh, tentu dipakai matcha berkualitas terbaik yang kaya asam amino. Aroma dan rasa matcha ini lebih kompleks. Warnanya juga hijau terang sehingga cocok untuk dibuat teh. Ada pula matcha dengan harga lebih murah yang dibuat untuk campuran makanan dan minuman. 

Biasanya perbedaan jenis matcha tersebut ada pada bagian daun teh hijau yang dipakai. Begitu juga perbedaan saat proses penggilingan menjadi bubuk teh hijau. Umumnya matcha dengan kualitas kedua dan seterusnya harganya lebih murah.

No comments:

Post a Comment