Sunday 16 November 2014

Segelas Teh Setiap Malam Mencegah Kanker Kulit

Kini, masyarakat Barat menganggap teh sebagai hormon untuk mengobati stres, sebagai obat mujarab berbagai penyakit lainnya. Apalagi dari hasil penelitian baru-baru ini ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi segelas teh setiap malam dapat menurunkan rasio mengidap dua jenis penyakit kanker kulit yang umum.

Setiap tahun, lebih dari satu juta warga di AS didiagnosa mengidap penyakit kanker kulit, sebagian besar berusia di atas 50 tahun. Kanker kulit terutama berasal dari radiasi sinar ultraviolet. Radiasi sinar ultraviolet di bawah terik Matahari yang menyebabkan lumpuhnya sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu faktor utama terjadinya kanker kulit.

Hasil percobaan membuktikan bahwa multifenol yang banyak terdapat dalam teh hijau dan mengandung EGGCG (epi-gallocatechin-3-gallae) dapat melindungi kulit terhindar dari radiasi yang kuat, sekaligus menghambat terjadinya kanker kulit.

Rasio mengidap kanker kulit yang umum bagi mereka yang kerap mengonsumsi teh (di atas satu gelas/ malam) menurun 20% hingga 30% dibanding mereka yang tidak mengonsumsi teh. Para penggemar teh yang telah puluhan tahun mengonsumi teh (minimal dua gelas per hari), hasilnya tampak lebih nyata.

Dapat mengekang sinar ultraviolet

Teh dapat menurunkan penyakit kanker jenis tertentu. Dalam penelitian yang paling banyak diteliti adalah teh hijau, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah sel agar tidak rusak. Dengan mengonsumsi teh hijau secara nyata dapat menghambat pengaruh kanker payudara, sedang teh hitam tidak.

Baik teh hijau atau hitam semuanya merupakan teh dari bibit Asia, hanya saja proses pengolahannya tidak sama. Teh hitam diolah melalui proses peragian, sedang teh hijau tidak melalui proses peragian tetapi dapat menjaga kandungan multifenol teh. Menurut para ahli hal ini dikarenakan teh hijau kaya dengan kandungan antioksidan.

Selain itu dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara teratur memiliki hormon betina yang lebih rendah, dan jika secara teratur mengonsumsi teh hitam, hormon wanita dalam darahnya lebih tinggi. Umumnya, hormon wanita yang tinggi diiringi dengan rasio terjadinya kanker payudara.

Tidak baik minum berlebihan

Meski teh hijau memiliki keunggulan mengekang kanker kulit, tetapi hasil penelitian tidak menyebutkan bahwa seusai minum teh diperbolehkan berjemur tanpa batas di bawah sinar Matahari. Minum teh dapat menurunkan rasio mengidap penyakit kanker kulit, namun jika peminum teh pada masa lalu pernah berkali-kali mengalami luka serius karena berjemur, hal ini tidak dapat mengurangi rasio mengidap penyakit kanker kulit.

Karena hasil penelitian mendapati bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan minum teh dapat mengurangi rasio terkena penyakit kanker kulit orang-orang di masa lalu yang secara kontinyu berjemur di bawah terik Matahari. Selain itu dari penelitian juga tidak menyebutkan bahwa minum teh dapat mencegah timbulnya tumor melanin ganas (kanker kulit yang paling langka dan mematikan).

Peneliti menjelaskan hal ini mungkin karena antioksidan dalam teh cukup membatasi luka akibat radiasi sinar ultraviolet yang pas. Tapi tidak dapat menghasilkan lebih banyak pengaruh terhadap penjemuran yang berlebihan.

Segala sesuatu apabila dikonsumsi berlebihan itu tidak baik. Para ahli memperingatkan bahwa teh hijau baru akan bermanfaat bagi kesehatan hanya jika diminum sesuai takaran. Jika berlebihan minum teh hijau setiap hari mungkin dapat merusak hati dan ginjal.

Teh adalah minuman terbaik

Sebenarnya penelitian terhadap teh hijau sebelumnya telah ditemukan bahwa teh hijau banyak kelebihannya, misalnya teh hijau dapat mengekang pengal persendian, sekarang para ahli kembali menemukan bahwa teh hijau memiliki efek menurunkan penyakit kanker kulit. Memang tidak berlebihan jika teh hijau dianggap sebagai obat mujarab dalam penyakit peradaban modern.

Teh hijau, meski kian digemari karena memiliki efek melawan kanker, namun, di sebagian besar daerah, persentase penduduk yang mengonsumsi teh hijau tidak sebanyak yang mengonsumsi teh hitam. Jika dibandingkan dengan aneka minuman buangan yang berkadar gula tinggi yang banyak dijumpai di pasar-pasar, baik itu teh hijau atau teh hitam, semuanya merupakan produk pengganti terbaik juice atau soda berkalori tinggi. 

No comments:

Post a Comment