Thursday 13 November 2014

Zat dalam teh dan buah sitrus ternyata ampuh usir kanker!

Teh dan buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk, dan lainnya tentu sudah bukan makanan asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Meski begitu, tampaknya ada khasiat yang tak diketahui dari makanan tersebut. Beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa teh dan buah-buahan sitrus mengandung banyak antioksidan bernama flavonoid yang merupakan zat anti kanker yang sangat hebat.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi teh dan buah-buahan sitrus bisa menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan epithelial. Kanker peithelial adalah kanker yang muncul dan tumbuh di permukaan yang melapisi ovarium.

Penelitian ini dilakukan selama tiga dekade pada 171.940 wanita yang berusia 25 sampai 55 tahun. Peneliti menemukan bahwa wanita berisiko lebih kecil terkena kanker ovarium jika mereka mengonsumsi flavonoid secara teratur. Flavonoid bisa didapatkan dalam teh, apel, anggur, atau buah-buahan sitrus, seperti dilansir oleh Daily Health Post (12/11).

Kemungkinan besar, hal ini karena flavonoid bisa meredakan peradangan yang disebabkan oleh kanker. Wanita yang rutin mengonsumsi makanan kaya flavonoid akan mengalami penurunan risiko kanker hingga 31 persen.

Sementara itu penelitian lain juga mengungkap bahwa makanan yang kaya flavonoid juga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat yang agresif. Jadi, tunggu apa lagi? Tak ada salahnya mulai menambahkan makanan yang kaya flavonoid dalam diet Anda sekarang juga!

No comments:

Post a Comment