Monday 13 April 2015

Bahaya Mengintai di Balik Secangkir Teh

Channel Teh - Segelas teh manis saat panas terik merupakan salah satu cara mujarab untuk pelepas dahaga. Sementara kehangatan teh yang dihidangkan saat sore hari dengan cemilan kue kering terasa pas dan memberi kesan akrab.

Namun tahukah anda meski dikenal berkhasiat, ternyata teh juga menyimpan bahaya bagi tubuh? Proses penyajian atau waktu mengkonsumsi yang salah ternyata bukan menjadikannya berkhasiat. Justru malah menimbulkan bahaya untuk kesehatan.

Kandungan zat tannin dan catechin dalam teh terbukti mampu mengikat zat besi (Fe) dalam makanan yang dikonsumsi. Untuk itu ada sebaiknya menghindari mengkonsumsi segelas teh manis setelah makan besar (nasi lengkap dengan lauk pauk).

Zat besi yang terdapat di dalam lauk pauk dan sayur akan terikat oleh tannin dan catechin sehingga tidak dapat terserap dengan baik oleh usus. Tidak dapat dipungkiri jika zat besi yang terkandung dalam makanan sangat berguna untuk membentuk sel darah merah atau erotirosit.

Jika sesesorang terbukti kekurangan zat besi, akan timbul penyakit kekurangan sel darah merah atau lebih dikenal dengan istilah anemia defisiensi besi. Penyakit ini yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi anemia. Penyakit akibat kekurangan sel darah merah ini juga dapat memicu gagal jantung, ganggunan pertumbuhan, dan komplikasi saat persalinan bagi ibu hamil.

Sementara bagi pecinta teh manis, sebaiknya tetap waspada dengan kadar gula yang digunakan. Kadar gula yang berlebihan dapat menyebabkab diabetes, penyakit ini terutama dengan mudah mengintai mereka yang memiliki kelebihan bobot tubuh.

Agar terhindar dari bahaya dibalik kenikmatan segelas teh, pastikan anda mengkonsumsi minuman 'candu' lengkap dengan cemilan sebagai pendamping pada sore hari. Sore menjadi waktu terbaik bagi tubuh untuk mencerna teh yang memiliki rasa sedikit asam bagi lambung. Pada sore hari juga merupakan waktu 'santai' bagi sistem pencernaan setelah mengolah makanan pada siang dan malam hari.

No comments:

Post a Comment