Friday 24 April 2015

Teh Daun Murbei Bagus untuk Gula Darah

Channel Teh - Anda yang punya masalah dengan gula darah bisa mencoba teh daun murbei. Teh ini merupakan herbal medicine yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes mellitus. Karenanya peneliti IPB dan dan PPTK tengah berupaya mengembangkan teh daun murbei, sebagai bagian dari upaya pengembangan ekonomi peternak ulat sutera. Daun murbei merupakan makanan ulat sutera.

Dalam siaran pers IPB, Rabu (22/4/2015) Peneliti dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (Fema IPB) dan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Bandung yakni Clara M. Kusharto dan Dadan Rohdiana melakukan riset pada tanaman murbei yang melibatkan 40 pelaku budidaya ulat sutra. 

Selain itu ada juga 42 kelompok tani di desa sekitar teaching farm Sutera Alam yang mengembangkan ulat sutera yang sedang berupaya meningkatkan produktivitas agar industri sutera Indonesia dapat diperhitungkan di tingkat dunia. 

"Murbei merupakan pakan ulat sutera yang juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi by-product bagi para petani sutera. Selain itu, berdasarkan hasil-hasil penelitian, ditemukan bahwa daun murbei memiliki manfaat yakni berpotensi sebagai fitofarmaka atau herbal medicine," terang IPB dalam siaran persnya.

IPB melibatkan masyarakat untuk melakukan pengemasan teh murbei. Dengan ini diharapkan produksi teh daun murbei dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sekaligus income petani murbei untuk menjadi sebuah solusi bagi masalah rawan kemiskinan pada masyarakat.

Adapun prosedur dan tahapan pengolahannya ialah yang pertama fermentasi teh melalui pelayuan daun teh, kemudian penggilingan dan proses oksimatis bertemunya total katekin dan enzim polifenol oksidase dengan bantuan oksigen, dilanjutkan dengan tahap pengeringan yang bertujuan untuk menghentikan proses oksimatis saat seluruh komponen kimia penting yang terkandung dalam daun teh telah terbentuk secara optimal. 

Upaya lain yang juga dilakukan untuk menunjang pencapaian tujuan penelitian ini ialah perbaikan lahan murbei, hal ini dilakukan guna program diversifikasi produk berbasis daun murbei dapat terlaksana. Perbaikan lahan dilakukan dengan mengendalikan gulma melalui aplikasi herbisida, penyiangan, kored, menyulam kembali tanaman murbei yang mati hingga pemupukan tanaman murbei. 

Dilakukan pula proses produksi teh murbei mulai dari pemetikan daun hingga pengolahannya, dan pelatihan standar pengemasan teh yang dimanfaatkan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat desa lingkar kampus IPB Dramaga. Desa Babakan Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor dipilih sebagai desa sasaran pemberdayaan masyarakat melalui pengemasan teh murbei yakni di Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Geulis Bageur yang juga mewadahi para lansia agar bisa beraktivitas kembali. 

Para petani ini setelah mendapat pelatihan, dalam satu hari proses pengemasan, mereka dapat menghasilkan 100 bungkus teh murbei dengan waktu pengerjaan mulai pukul 09.00-12.00 dan 13.00-16.00 dengan nilai ekonomis yang didapatkan sebesar Rp 1.000,-per bungkus. Melalui upaya ini, selain meningkatkan pengetahuan masyarakat, pemberdayaan juga berperan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri.

No comments:

Post a Comment