Thursday 16 April 2015

Manfaat Luar Biasa Apel dan Teh Hijau

Channel Teh - Sebuah apel sehari pasalnya bisa menjauhkan Anda dari penyakit. Tapi, temuan baru mengatakan, sebuah apel dan segelas teh hijau sehari memiliki manfaat yang lebih luar biasa lagi. 

Ilmuwan dari Institute of Food Research (IFR) menemukan cara makanan alami dapat meningkatkan kesehatan manusia dan menjaga dari serangan penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. 

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research menguraikan manfaat spesifik yang ditemukan dalam teh hijau dan apel. 

Pada akhirnya, penelitian tentang makanan membuat para ahli gizi dan dokter menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang banyak untuk tetap sehat karena banyak manfaat yang ditemukan dari adanya kandungan polifenol di dalamnya. 

Tim peneliti yang dipimpin oleh Paul Kroon dari IFR juga menemukan bahwa apel dan teh hijau dokonsumsi secara bersamaan, kandungan polifenol yang dikandung keduanya mampu untuk menghalangi molekul VEGF. 

Dalam tubuh, VEGF menyebabkan pembuluh darah melakukan fungsinya yang dikenal dengan nama angiogenesis, yang bisa mengatasi kanker. 

Angiogenesis juga dapat berperan dalam mengatasi plak dalam darah dan memecahkan plak tersebut yang ternyata dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan pembuluh darah manusia untuk menguji efek polifenol tersebut. Hasilnya, para ilmuwan menemukan, ketika mereka menggunakan polifenol dengan dosis rendah yang berasal dari teh hijau dan apel, cukup berhasil untuk menghalangi VEGF. Ini merupakan kali pertama para peneliti mampu mematikan VEGF dengan menggunakan makanan yang kaya polifenol.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa polifenol pada teh hijau memiliki kekuatan untuk membunuh sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Hal ini disebabkan polifenol merupakan antioksidan yang sangat kuat dan alami. 

Ketika orang lanjut usia atau selnya terkena kanker hal ini disebabkan mereka mengalami oksidasi dan kehilangan elektron. Hal ini menyebabkan sel tidak stabil dan rentan terkena radiasi yang berbahaya ketika terakumulasi. 

Antioksidan menyumbangkan sebuah elektron pada sel yang membutuhkannya. Antioksidan ini pun akan menstabilisasikan sel itu kembali sehat dan bahkan memberikan kekuatan untuk melawan kanker. 

Penelitian ini juga mengungkapkan manfaat lainnya yang tak terduga dari  polifenol. Mereka menemukan bahwa polifenol berubah menjadi enzim yang membentuk nitrit oksida dalam darah. Enzim ini bertanggung jawab untuk meluaskan dan mencegah kerusakan pembuluh darah. 

"Jika efek ini terjadi pada tubuh dengan baik, hal ini dapat membuktikan bahwa ada hubungan antara konsumsi polifenol dengan manfaat kesehatan," kata Kroon.

No comments:

Post a Comment