Tuesday 7 April 2015

Ternyata Teh Hijau Tak Selamanya Bermanfaat dan Sehat

Channel Teh - Sudah sejak lama teh hijau dikenal sebagai superfood. Teh hijau memiliki  kandungan antioksidan, antikarsinogenik dan antiperadangan. Benarkah khasiat teh hijau sedahsyat itu, tanpa sedikit pun hal buruk? 

Namun kenyataannya, tak selamanya teh hijau itu bagus. Paling tidak untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu. Untuk beberapa orang, teh hijau justru berbahaya. Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati ketika menikmati secangkir teh hijau. Kenali dulu kondisi Anda sebelum menikmatinya. 

1. Orang dengan penyakit autoimun

Orang yang memiliki autoimun (kelainan reaksi sistem imun atau kekebalan tubuh) disarankan untuk tidak menikmati teh hijau. Dikutip dari Men Health, tubuh seseorang yang sehat akan memiliki bentuk yang seimbang antara Th1 (Sel T) dan Th2 (Sel B), sebagai bagian dari imun tubuh. 

Namun bagi orang yang memiliki gangguan autoimun, beberapa makanan dan minuman bisa mengganggu kestabilan imunitas tubuh. 

2. Teh hijau bisa meningkatkan sel B. Berita bagus atau buruk? 

Teh hijau mengandung senyawa yang bisa meningkatkan produksi sel B (Th2). Ini hal baik atau buruk? Semua tergantung kondisi Anda. Jika Anda memiliki autoimun, konsumsi teh hijau akan membuat produksi sel B Anda jadi terlalu banyak. Akibatnya hal ini akan menyebabkan imun tubuh Anda berlebihan dan justru berbahaya. 

Bagaimana gejala yang membedakan apakah Anda memiliki kandungan sel B yang dominan? Membedakannya cukup mudah. Jika Anda memiliki alergi, asma, sinus kronis, kanker dan bahkan hepatitis B dan C, infeksi viral dan lupus sistemik. 

Selain teh hijau, minuman lain yang meningkatkan kandungan Th2 dalam tubuh adalah senyawa resveratol yang terkandung dalam wine dan anggur. Senyawa curcumin yang ada di dalam kunyit juga akan meningkatkan kestabilan Th2. 

3. Bagaimana jika Anda ternyata memiliki kandungan senyawa T lebih dominan? Apakah teh hijau akan membantu menyeimbangkannya? 

Jika Anda memiliki kelainan autoimun yang spesifik, maka bisa jadi ini adalah pertanda kalau sel T imun tubuh diproduksi lebih banyak. Konsumsi teh hijau akan membantu untuk menyeimbangkan kadar sel imun B dalam tubuh. 

Tanda-tanda Anda memiliki sel T yang dominan adalah jika Anda memiliki penyakit seperti multiple sklerosis, diabetes 1, psoriasis, arthritis. Jika Anda menderita salah satu dari penyakit itu maka bisa jadi teh hijau adalah jawaban dari penyakit Anda.

No comments:

Post a Comment