Wednesday 15 April 2015

7 Fakta Unik Sekaligus Mencengangkan dari Matcha

Channel Teh - Mungkin Anda sudah pernah mencoba bubuk teh seduhan asal Jepang ini. Matcha, yang akhir-akhir ini hadir dalam kue, kopi, bahkan es krim. Matcha bisa dibilang telah menjadi fenomena karena banyak yang menyukainya. Di balik itu semua, tahukah Anda kalau Matcha memiliki banyak fakta unik yang mencengangkan? Mau tahu? Berikut ulasannya :

1. Matcha adalah Bentuk Khusus dari Teh Hijau
Matcha artinya teh bubuk. Saat kamu memesan teh hijau tradisional, komponen dari daun larut dalam air panas, lalu daun-daunnya tertinggal. Dengan matcha, kamu minum daun yang sesungguhnya, telah dibubukkan dan dibuat menjadi larutan. Cukup masukkan satu sendok teh matcha ke dalam sepertiga cangkir air panas. Tidak seperti teh hijau tradisional, persiapan matcha termasuk menutupi tanaman teh dengan kain sebelum dipanen. Hal ini memicu pertumbuhan daun dengan rasa dan tekstur yang lebih baik.

2. Matcha Berguna bagi Kesehatan
Karena matcha dibuat dari teh kualitas tinggi, dan seluruh daun terlarut, ia mengandung lebih banyak sumber nutrisi dibandingkan teh hijau. Matcha kaya antioksidan yang disebut polifenol, yang terbukti melindungi sakit jantung, kanker, sirkulasi darah yang lebih baik, menurunkan tekanan darah dan anti penuaan. Bentuk polifenol lain dalam matcha disebut EGCG mempercepat metabolisme dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

3. Mengandung Kafein
Karena kamu mengonsumsi seluruh daun teh, kadar kafein dalam matcha lebih tinggi dari teh biasa, hampir sebanyak secangkir kopi.

4. Secara Tradisional Melibatkan Meditasi
Persiapan matcha adalah fokus dari upacara teh Jepang, dan telah lama diasosiasikan dengan Zen. Ini salah satu alasan kenapa matcha menjadi populer karena meditasi semakin banyak dilakukan.

5.Bubuk Matcha bisa Diberi Pemanis dan Kualitasnya Beragam
Rasa matcha sangat kuat. Beberapa orang mendeskripsikannya seperti rumputb atau bayam. Karenanya, matcha bisa diberi rasa manis. Pakar teh juga mengingatkan bahwa kualitas matcha adalah kuncinya.

6. Awas Kandungan Timah Hitam
Bahkan teh hijau organik bisa mengandung timah hitam, yang diserap tanaman dari lingkungan, khususnya pertumbuhan teh di China. Karena mengonsumsi matcha berarti mengonsumsi seluruh daun teh, maka peluang terpapar timah hitam lebih banyak.

7. Matcha bisa Digunakan dalam Makanan
Matcha populer di kalangan chef, bukan sekedar minuman tetapi bumbu untuk makanan manis dan berbumbu.

No comments:

Post a Comment