Wednesday 29 April 2015

Teh Bisa Bantu Atasi Stres

Channel Teh - Stres, dalam tingkatan rendah, bisa bermanfaat untuk mendorong prestasi seseorang. Namun, bila stres berlebihan mendera, maka bisa mengakibatkan banyak masalah. Umumnya, saat stres atau tekanan mendera, cara mengatasinya adalah dengan relaksasi. Sayangnya, banyak orang yang kerap mengartikan relaksasi dengan bepergian atau "lari".

"Relaksasi tidak harus selalu berarti menyendiri ke puncak gunung, ke pantai, atau sebagainya. Ada teknik yang sederhana untuk relaksasi, yakni berdiam sejenak, lalu lakukan kegiatan non-analitikal sambil minum minuman tertentu, seperti teh. Hirup dalam-dalam dan fokus ke dalam diri," kata Psikolog keluarga, Roslina Verauli di Jakarta, Rabu (29/4).

Dilanjutkannya, menurut Journal of the Agricultural Chemical Society of Japan di tahun 1998 mengungkapkan, kandungan asam amino bernama theanine pada daun teh dapat merangsang gelombang alfa yang berkaitan dengan kondisi mental dan otak rileks pada individu.

"Menghirup aroma teh atau aroma lain yang disukai juga bisa memberikan kondisi rileks. Tetapi, ini lebih subjektif sifatnya," imbuh Roslina.

Selain itu, kadar kafein yang tidak tinggi pada teh juga dapat memberikan efek mendorong mood sekaligus mengembalikan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

No comments:

Post a Comment