Saturday 25 April 2015

Mengenal Teh Rooibos

Channel Teh - Anda merupakan pencinta teh? Mungkin Anda pernah mendengar tentang teh Rooibos. 

Walau tidak setenar teh hijau atau English Breakfast, Rooibos mempunyai manfaat yang tidak kalah dari dua teh populer tersebut. Berasal dari Afrika Selatan, tanamannya memiliki daun berbentuk jarum dengan warna hijau terang, namun setelah diproses, warnanya berubah kemerahan.

Tanaman yang nama latinnya Aspalathis linearis ini awalnya tumbuh dalam populasi terbatas, dan tidak ada hubungannya dengan tanaman teh biasa (Camellia sinensis), seperti menurut food-info.net, Jumat (24/4/2015). Penggunaan tanaman rooibos sebagai minuman ditemukan oleh masyarakat suku Khoi yang bermukim di daerah pegunungan Afrika Selatan. Namun lebih dari itu, penduduk Eropa yang hidup pada abad 19 dan 20 juga mengkonsumsi teh ini.

Selain rasanya yang kaya, Rooibos terbukti mengandung zat antioksidan dan flavonoids, di mana dua zat ini  kadarnya ditemukan lebih tinggi pada Rooibos dibanding pada teh biasa. Selain itu, walau tidak memiliki kadar kafein, zat dalam Rooibos mampu memberi energi yang tidak kalah dari kopi, serta menyegarkan, seperti menurut hungryforchange.tv. Anda bisa menikmati teh rooibos tanpa campuran, dengan susu, atau gula.

No comments:

Post a Comment