Wednesday 29 April 2015

Teh Jinten Kaya Manfaat


Channel Teh - Siapa yang tak kenal rempah dapur satu ini, jinten. Selain populer di Indoensia, jinten juga merupakan salah satu rempah-rempah populer di benua India, Timur Tengah, dan Meksiko. Pasalnya, selain digunakan sebagai bumbu masakan, biji jinten bisa pula dibuat sebagai teh yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Memang bisa jinten dibuat teh? Jawabannya jelas bisa. Teh jinten ini mempunyai banyak manfaat dalam perannya sebagai obat herbal alami. Cara buatnya gampang, cukup masukkan satu sendok teh biji jinten dan satu cangkir air ke dalam panci. Panaskan campuran sampai air mulai mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama sekitar 2-3 menit. Angkat dari api dan tutup panci selama sepuluh menit, dan setelah sepuluh menit teh jinten siap diminum. Anda dapat menambahkan sedikit garam atau madu untuk meningkatkan rasanya.

Jangan salah lho, teh jinten ini kaya khasiat lho! Mau tahu apa saja khasiatnya, sebagai berikut:

- Salah satu manfaat utama teh jinten adalah kemampuannya mengatasi insomnia dan gangguan tidur lain.

- Jika Anda sering cegukan, teh jinten bisa menjadi alternatif untuk meredakan keluhan ini.

- Teh jinten membantu dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Tambahkan 1-2 tetes jus jahe untuk meningkatkan khasiatnya.

- Minuman ini memiliki kemampuan mendetoksifikasi tubuh dan dikenal sebagai pembersih herbal untuk ginjal dan kandung kemih.

- Manfaat lain teh jinten adalah kemampuannya bertindak sebagai salep untuk mengobati bisul dan luka.

- Anda dapat menggunakan jinten sebagai penyegar mulut. Mengunyah biji jinten panggang atau minum teh jinten secara teratur akan mengurangi produksi air liur berlebih dan menyembuhkan luka mulut.

- Meskipun belum terbukti secara ilmiah, teh jinten hitam diyakini bisa mengobati arthritis dan asma.

- Teh jinten memiliki sifat anti-karsinogenik yang membantu pencegahan berbagai jenis kanker.

- Teh jinten merupakan ekspektoran ampuh yang memicu proses keluarnya dahak. Dahak yang mudah dikeluarkan akan membantu proses penyembuhan batuk dan masalah tenggorokan serta paru-paru.

- Karena sifat antiseptik yang dimilikinya, teh jinten membantu proses penyembuhan berbagai gangguan sistem pernapasan seperti sinusitis, pneumonia, bronkitis, pilek, dll.

- Teh jinten dianggap sebagai salah satu obat alami terbaik untuk sakit perut akut atau kolik, terutama pada bayi. Bidan dalam budaya Latin menggunakan teh jinten untuk menginduksi persalinan. Satu cangkir sehari teh jinten dianjurkan untuk induksi persalinan.

- Manfaat lain teh jinten adalah kemampuannya membantu pengobatan infeksi saluran kemih.

- Teh jinten kaya akan zat besi sehingga bisa digunakan dalam pengobatan anemia.

- Minuman ini bertindak sebagai agen revitalisasi dan efektif digunakan untuk mengatasi kelelahan.

- Perut kembung, mual, diare, mual di pagi hari, gangguan pencernaan, dan atonic dyspepsia bisa diatasi dengan minumal herbal ini.

No comments:

Post a Comment