Wednesday 29 April 2015

Teh Hijau Semakin Diminati


Channel Teh - Kepopuleran teh hijau telah meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan teh hijau kini tak hanya dinikmati sebagai minuman, namun juga berbagai olahan makanan mulai dari cake, cupcake, mochi, es krim hingga kue cubit dan martabak. Ya, teh hijau telah menjadi tren tersendiri.

Di Indonesia konsumsi teh hijau juga kian meningkat. Hal tersebut terlihat dari industri teh hijau yang mencapai 25 persen dibandingkan pada tahun 2005 lalu sebanyak 5 persen. Itu diungkapkan oleh Rena Lesmana, Brand Manager PT ABC President Indonesia, salah satu pemegang merek teh hijau di Tanah Air.

"Semakin hari semakin besar kesadaran orang untuk melakukan gaya hidup sehat dan mereka tahu teh hijau memiliki banyak kebaikan dibandingkan teh biasa," ujar Rena dalam acara Nu Green Tea Pelopori Kampanye Edukasi Kebaikan Teh Hijau bertajuk "Green Tea Adventure" di Ciwidey, Bandung, Selasa malam, 28 April 2015

Senada dengan Rena, Rachmat Badriddin Ketua Dewan Teh Indonesia mengatakan bahkan banyak peminum teh dunia yang secara tradisional biasa mengonsumsi teh hitam kini telah beralih ke teh hijau dan teh putih yang jauh lebih sehat.

"15 Tahun yang lalu di toko-toko atau supermarket di Jepang, China dan Taiwan tidak tersedia teh hijau dan putih sebanyak sekarang. Paling adanya berupa jasmine tea," ujar Rachmat yang ditemui di kesempatan yang sama.

Dewasa ini, konsumsi teh hijau dunia pun terus meningkat secara pesat menjadi 30 persen. Sementara itu konsumsi teh hitam saat ini menurun menjadi 70 persen.

Tak heran karena teh hijau dibuat tanpa menggunakan proses oksidasi seperti teh hitam dan teh lainnya. Tak perlu didiamkan terlebih dahulu, daun teh yang baru dipetik langsung diproses menjadi teh hijau. Ini membuatnya memiliki kandungan antioksidan kathecin yang jauh lebih tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya pun tetap terjaga.

"Kandungan antioksidan kathecin adalah kuncinya. Katchecin merupakan zat antioksidan yang dapat mengurangi dan mencegah kerusakan sel-sel yang penting bagi tubuh," tambah Rachmat.

Sebagai informasi, mengonsumsi teh hijau secara teratur diketahui mampu memberikan sederet manfaat kesehatan mulai dari mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah kerusakan paru-paru karena tembakau, melindungi ginjal dari pembentukan racun uremik, melindungi hati, menguatkan memori, menyehatkan kulit hingga membuat awet muda.

No comments:

Post a Comment