Saturday 4 April 2015

Kebanyakan Minum Es Teh Bikin Gagal Ginjal

Channel Teh - Setelah seorang pria 56 tahun mengalami gagal ginjal, dokter menemukan bahwa kebiasaannya minum es teh berlebihan setiap hari kemungkinan menjadi penyebabnya. Kasus ini dilaporkan dalam New England Journal of Medicine terbitan 1 April 2015.

Dr Alejandra Mena-Gutierrez dari Ilmu Kedokteran Universitas Arkansas yang merawat pasien dan menulis laporan itu mengatakan fungsi ginjal pria itu belum pulih dan tetap menjalani dialisis. Dialisis adalah metode untuk menyaring limbah dari darah. Metode ini menggantikan fungsi ginjal yang rusak.

Para penulis laporan itu menekankan bahwa moderasi adalah kunci ketika minum teh.

"Kami tidak menyarankan untuk menentang konsumsi teh," kata Mena-Gutierrez. "Jika Anda sehat dan minum teh dengan moderasi, seharusnya tidak menyebabkan kerusakan pada ginjal."

Pada Mei 2014, pria tersebut mengaku pergi ke rumah sakit di Arkansas karena merasa lemah dan sakit. Pengujian menunjukkan bahwa urinenya memiliki tingkat kristal oksalat kalsium yang tinggi, yang merupakan komponen dari batu ginjal.

Menurut laporan tersebut, pria itu tidak memiliki riwayat keluarga penderita penyakit ginjal serta tidak pernah memiliki batu ginjal. Untuk mengobati gagal ginjal, dokter memulai dialisis. 

Pria itu mengatakan kepada dokter bahwa dia minum 16 gelas es teh setiap hari. Teh hitam, yang terkandung dalam es teh yang diminum pria itu, adalah sumber oksalat, senyawa yang dapat menyebabkan masalah ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Para dokter menyimpulkan bahwa mengkonsumsi banyak oksalat dalam es teh mungkin menyebabkan gagal ginjal yang berkembang cepat.

No comments:

Post a Comment